Jumat, 31 Oktober 2014

Pengalamanku dalam menjalani kepramukaan

Sebenarnya aku bingung mau kasih judul apa.. soalnya dalam cerita ini juga terdapat berbagai pengalaman pribadi.jadi maaf kalau judulnya ga nyambung sama jalan ceritanya.

Jadi gini…………
            Pertama masuk SMP aku sama sekali ga minat tentang kePramukaan… dalam otakku Cuma ada kata Basket…. Ketika mendaftar untuk eskul,tentu saja aku pilih eskul basket.. wajar aku sangat mendambakan eskul ini.. karna di SD ku tidak ada yang namanya eskul basket.. eskul aja ga ada.. kalo olah raga palingan permainan voli sama kasti.
(flashback bentar yaa , hehe..) waktu di SD aku cukup berbakat dalam bidang olahraga terutama Voly. Dan aku penasaran sama yang namanya basket.. makanya sejak awal masuk SMP aku udah yakin banget sama eskul yang aku pilih.
            Tapi……….. ternyata di pelatih basket di SMP pergi ke manaaaaa gitu.. (lupa) jadi ga ada yang gantiin… putus sudah harapan untuk basket… :’’(
            Dalam kebingungan untuk mengisi waktu luang, sahabatku(dulu) Retno mengajakku untuk ikut eskul pramuka.. aku sempet nolak ,soalnya aku berfikiran kalo ikut pramuka pasti bikin item. Tapi karna ga ada pilihan lain aku ikutin aja… toh ntar kalo ga suka bisa keluar lagi.
            Rencananya kami bakal langsung ikut latihan hari Sabtunya. Selagi nunggu hari.. aku sibuk ngebayangin gimana rasanya jadi anak pramuka.. kayaknya bakalan seru tuh :D. Lagi asik nya ngelamun.. tiba tiba namaku dipanggil ke kantor guru buat ngambil akutansi pembayaran komite (hebat masih ingat). Aku kemudian pergi sendiri ke kantor guru. Ternyata yang manggil namanya pak Bakar , dia Pembina pramuka di SMPku , sewaktu nandatangin akutansi , dia bangga banggain pramuka ke aku.. dia juga ngeliatin foto foto waktu lomba pramuka di kodim bukittingi.. aku langsung berfikir.. “nih bapak kayaknya ngarep banget aku masuk pramuka..” . setelah nandatanganin dan ngambil akutansi aku kembali ke kelas, sebelum pergi pak Bakar sempat ngajak buat ikut latihan pramuka, aku kasih senyum aja dulu , hehe…
            Hari sabtu yang ditungu tunggu pun tiba.. ternyata banyak juga anak kelas tujuh yang ikut pramuka.. awal latihan aku dilatih sama kakak kakak senior kelas 8 dan 9. Nama nama senior yang aku ingat , ada kak Nadia , kak Hafizu(zuzu) , kak Olin, dan banyak lagi…
            Dari minggu pertama latihan.. aku belum ngerasain hal yang luar biasa.. aku Cuma ngerasa seru aja.. banyak temen dan latihannya juga seru kecuali PBB , yap.. awalnya aku ga suka PBB karna menurutku sangat melekahkan..
            Minggu kedua latihan kami masih di damping sama kakak kakak kelas.. tapi tak lama.. pelatih yang sebenarnya datang..
Namanya kak Haris.. pertama kali liat kak Haris , aku ngerasain aura yang beda *ceilah .. aku juga dapat ngerasain gimana pramuka itu sebenarnya. Kak Haris juga cukup sering memujiku.. dan itu juga salah satu yang membuatku betah di pramuka , belajar sama kak Haris sensasinya beda daripada belajar sama kakak kelas.. wajar dong.. kak haris kan udah berpengalaman.. dengan dilatih oleh kak Haris aku pun menjadi suka dengan PBB dan ngerasa bahwa pramuka sekarang adalah bagian dari hidupku *ehm.
            Ketika ada undangan lomba dari SMA N 1 Lubuk Basung , kak Haris langsung memberi tahu kami.. harap harap cemas kami menunggu izin dari Sekolah.. akhirnya setelah mendapat izin, kami pun mulai berlatih.. aku mengikuti dua pertandingan yaitu PBB dan Tapak Perkemahan.. karna pertandingan yang diikuti cukup banyak, maka kak Haris membawa beberapa temannya untuk melatih kami.
            Itu baru pengalaman pertamaku mengikuti lomba , dan Alhamdulillah hasil nya memuaskan walaupun tidak meraih juara umum.
            Pada kelas 2 , aku ,kak Nadia, bang Galang, Faisal, kak Suci dan satu lagi aku lupa..sayangnya Retno tidak ikut seleksi(aku lupa kenapa) jadi, dengan bimbingan kak Haris,kami mengikuti seleksi Jambore Cabang di lapangan GOR Lubuk Basung. Dan yang berhasil lolos adalah aku, kak Nadia, dan Faisal.
            Di Jambore Cabang, kami adalah Kontingen dari Lubuk Basung .. kami di bagi 2 kelompok, tim inti dan tim peninjau , aku termasuk dalam tim inti. aku dan teman teman dari SMP yang terpilih berlatih sebaik baiknya untuk bisa menjadi juara. Katanya, kalau Juara , kami bisa langsung mengikuti pesta pramuka Jambore Daerah di Padang Besi,Padang. Sayangnya pelatihan Jambore Cabang ini sangat mengganggu sekolahku.. tapi Alhamdulillah nilaiku tidak turun malahan naik.. dan pelatihannya juga bentrok sama acara Fashion Show yang akan aku ikuti.. jadinya setelah latihan.. aku langsung ke salon tempatku latihan dan langsung tampil buat fashion show.. ga sempet tidur ga sempet istirahat.. kebayang ga capek nya??
            Dan hari H pun tiba.. aku yang sudah janjian sama kak Nadia masih bersabar menunggunya di kosannya, Kak Nadia adalah orang Bawan, dia Kos di samping sekolahku. Cukup lama aku menunggunya.. mana temen temen yang akan pergi nyuruh cepet dateng lagi.. ingin sekali rasanya aku ninggalin kak Nadia.. dengan menahan marah.. aku langsung menelfonnya, “Kak .. lamo lai ko… beko ditinggaannyo wak jo urang urang tu haaa..” “Santa lai piiin, akak lah dakeknyo..kak dakek intan perabot kini, akak kanai macet haaa” “capek yo kak…” “iyo.. iyooo”.
            Sekitar 5 menit kemudian kak Nadia datang , bukan main senangnya aku!! ketika baru sampai kak Nadia langsung bilang “sori lamo.. tadi ado urang kecelakaan di simpang intan perabot.. paraaah piin.. oto harmonis samo avanza,rimuak otonyo” “padiaselah oto tu heh.. capek se lah wak pai.. beko ditinggaan urang wak” “iyo.. nggulu kak atak an barang kak lu”
            Akhinya kami pun berkumpul di kantor Dinas Pendidikan Kab.Agam. ternyata orang sudah berbaris di beri pengarahan oleh siapaaa lah itu..  aku dan kak Nadia ngumpet ngumpet duduk di balik pohon karna malu udah telat. Akhirnya kami pun pergi ketempat dilaksanakannya JamCab yaitu di Parit Panjang. Setelah tiba di arena aku disambut sama bunda(buk linda.. aku ga tau kenapa dipanggil bunda) bunda itu dulu guru ngaji aku, tapi dia juga guru SD, mungkin anak SDnya juga kepilih waktu itu. Dengan wajah cemas bunda menghampiriku, “pipiiin.. baa papa nak??” “baa papa bun??” aku balik bertanya.. tapi jantungku udah langsung deg deg kan. “ndak tau pipin do?? Samo sia kamari tadi??” “samo papa…. Baa papa bun??” mataku udah mulai merah.. “ndak baa papa do nak” tentu saja aku ga percaya.. aku lanngsung nelfon mama.. “maaaa baa papa???” bukannya ngejawab kenapa.. mamaku malah jawab “alah ndak baa lai do nak..” jelas aja aku bingung.. “alah ndak baa , baa ko ma?? Jatuah dari onda papa tadi?” aku langsung berfikiran begitu karna papaku udah sering jatuh dari motor. “indak nak.. ndak baa papa lai do” “baa ama keeh.. sabuik se lah.. baa papa??” mamaku tetap ga mau kasih tau.. sampe akhirnya aku lupa siapa yang ngasih tau.. tenyata mobil avanza yang di lihat kak Nadia kecelakaan di dekat intan perabot itu adalah mobil papaku. Aku langsung nelfon mama.
“asalamualaikum ma.. jujur se lah ma.. iyo balantak jo oto papa?”
“iyo,, papa lai ndak baa do” “oto wak baa?cayia bana??” “iyo kap muko nyo rimuak.. tapi untuang apa wak lai salamaik.. tanang tanang selah pin disinan.. ndak baa gai do” “tau oma?” “indak, kalau nelfon oma jan kecek an ka oma ndak” “ndak ndak, asalamuailaikum” “waalaikum salam”
Oma adalah mama dari papaku.. oma  adalah nenek yang sangat sayang kepadaku.. wajar, dulu aku adalah cucu satu satunya(sebelum zora adikku dan raziq anak uncuku lahir), oma juga sakit jantung, jadi segala yang membuat oma cemas dirahasiakan dari oma.
            Hari pertama di Bumi Perkemahan Parit Panjang, kami langsung membuat tenda , selesai membuat tenda, kami tim inti yang berbeda tendanya dengan tim peninjau langsung di bagi 2 kelompok.. ada yang ikut apel pembukaan , dan ada yang memasak…
            Malamnya ternyata hari hujan, kami langsung mengungsi ke rumah penduduk terdekat. Aku langsung keingat oma. Biasanya oma paling cemas kalau hari hujan aku ngga dirumah. Tapi oma tidak menelfonku.
            Aku dan teman teman yang belum ngantuk segera bercanda canda.. kami berjanji akan menahan kantuk.. siapa yang tidur duluan maka akan dikerjai.. ternyata aku ga bisa nahan mataku.. akupun tertidur duluan.. dalam keadaan setengah tidur .. aku masih mendengar teman2 ku bercanda.. aku juga ngerasain mereka ngolesin bedak ke wajahku.. aku langsung bangun.. ketika aku bangun, salah satu temanku yang lagi tidur kentut.. spontan kami langsung tertawa. Dan akhirnya kami semua tertidur.
            Paginya kami langsung seru membicarakan kejadian semalam, setelah meminta terimakasih kepada pemilik rumah.. kami lalu berjalan kembali ke Bumi perkemahan.
            Setelah mandi dan apel pagi.. kami siap siap untuk mengikuti lomba PBB. Hasil kami cukup memuaskan. Selesai kegiatan PBB , anak laki laki bersiap untuk mengikuti shalat jum’at. Aku dan anak perempuan berjalan jalan di sekitar tempat penjual aksesoris, karna di samping bumper juga diadakan pasar malam khusus untuk peserta jambore. Baru menginjakan kaki di arena tempat menjual pernak pernik, namaku langsung dipanggil oleh seseorang yang ternyata tetanggaku.. dia mengajakku pulang. Aku heran.. kenapa?? Awalnya om itu agak diam , dia bicara sebentar sama Pembina pramuka ku. Lalu dia bilang ke aku kalau oma meninggal jam 9 pagi tadi.. Omaigat omaigat.. hancur rasanya hati ini.. baru kemarin papa kecelakaan.. udah diterusin sama berita tentang kepergian oma.. mungin papa kecelakaan ada hubungannya dengan akan meninggalnya oma.. (hanya tuhanlah yang tau). Aku langsung naik motor dan om itu segera membawa ku ke rumah .Di rumah oma.. aku langsung menggila.. terbayang wajah oma yang selalu tersenyum..yang selalu membangunkan ku tiap pagi , yang selalu membuatkan sarapan untukku,, yang tak bosan bosanya memberi nasehat… Omaaaaaaaaa… aku belum siap untuk ditinggal oma… kenapa mendadak???? Aku sayang oma.. aku banyak salah ke omaa… aku sering mendongkol kalau oma memberi nasehat.. maaaf omaa… maaf.. dulu oma selalu bilang ingin liat aku  wisuda… huaaa…  omaaaaa.. teringat pula olehku terakhir kali melihat oma.. dihari akan pergi berangkat ke Jamcab.. oma masih sempat membuatkan makanan kesukaan.. ayam kecap dan telor dadar.. masih sempat membuatkan ku the manis hangat supaya bertenaga untuk mengikuti kegiatan jamcab… masih ingat ketika oma minta dicium yang ternyata itu untuk terakhir kalinya.. Omaa… T____T

            Selesai pengajian, aku langsung kembali ke arena Jamcab untuk mengambil semua pakaian ku.. karna udah ga memungkinkan lagi untuk mengikuti jamcab. Tapi di arena.. teman teman bingung untuk mencari pengganti aku untuk mengikuti lomba pioneering. Akhirnya aku berssedia ikut dengan meminjam baju lapangan salah satu temanku. Selesai lomba aku berpamitan sama teman-teman. Kami menangis bersama.. 
(akhirnya Kwarran kami “Lubuk Basung” mendapatkan Juara umum, yaitu memperoleh nilai terbanyak , Juara 1 lomba memasak, Juara 2 PBB, Juara 3 Pionering,Juara 1 Scout Hiking , dan banyak lagi)
            Setelah kurang lebih sebulan.. anak anak yang ikut Jamcab dipanggil untuk mengikuti pesta pramuka (Jambore Daerah) di Padang Besi,Padang. Aku berdo’a semoga tidak ada masalah lagi .
Sampe segitu dulu ya.. maaf nanggung.. cape banget ngetiknya.. kapan kapan akan ku tulis lagi tentang pengalaman di Jambore daerah serta lomba lomba pramuka lainnya..

Ditunggu kritik dan sarannya ya di kolom komentar^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar